BAB I
PENDAHULUAN
Administrasi pendidikan
merupakan proses keseluruhan dari segala kegiatan-kegiatan bersama yang harus
dilakukan oleh semua pihak yang ada sangkut pautnya dengan tugas-tugas
pendidikan, administrasi pendidikan juga sering diistilahkan dengan
administrasi sekolah dan administrasi itu sendiri mencangkup pengaturan, proses
belajar mengajar, kesiswaan, personalia, peralatan pengajran, gedung dan
perlengkapan, keuangan serta humas atau hubungan dengan masyarakat yang ini
semua merupakan cangkupan dari administrasi pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. RUANG LINGKUP
Bidang-bidang yang tercakup
dalam administrasi pendidikan adalah sangat banyak dan luas. Tetapi yang sangat
penting dan perlu diketahui oleh para kepala sekolah dan guru-guru pada umumnya
ialah sebagai berikut :
a. Bidang tata usaha sekolah,
ini meliputi :
1) Organisasi dan struktur
pegawai tata usaha.
2) Anggaran belanja keuangan
sekolah.
3) Masalah kepegawaian dan
personalia sekolah.
4) Keuangan dan pemblukuannya.
5) Korespondensi/surat
menyurat.
6) Masalah pengangkatan,
pemindashan, penempatan, laporan, pengisian buku induk, raport dan sebagainya.
b. Bidang personalia murid,
yang meliputi antara lain :
1) Organisasi murid.
2) Masalah kesehatan murid.
3) Masalah kesejahteraan murid.
4) Evaluasi kemajuan mlurid.
5) Bimbingan dan penyuluhan
bagi murid.
c. Bidang personalia guru,
meliputi antara lain :
1) pengangkatan dan penempatan
tenaga guru.
2) Organisasi personel guru.
3) Masalah kepegawaian.
4) Masalah kondite dan evaluasi
kemajuan guru.
5) Refreshing dan up-grading
guru-guru.
d. Bidang pengawasan
(supervisi), yang meliputi antara lain :
1) usaha membangkitkan semangat
guru-guru dan pegawai tata usaha dalam menjalankan tugasnya masing-masing
sebaik-baiknya.
2) Mengusahakan dan
mengembangkan kerjasama yang baik antara guru, murid dan pegawai tata usaha
sekolah.
3) Mengusahakan dan membuat
pedoman cara-cara menilai hasil-hasil pendidikan dan pengajaran.
4) Usaha mempertinggi mutu dan
pengalaman guru-guru pada umumnya.
e. Bidang pelaksanaan dan
pembinaan kurikulum :
1) Berpedoman dan mengetrapkan
apa yang tercantum dalam kurikulum sekolah yang bersangkutan, dalam usaha
mencapai dasar-dasar dan tujuan pendidikan dan pengajaran.
2) Melaksanakan organisasi
kurikulum beserta metode-metodenya, disesuaikan dengan pembaruan pendidikan dan
lingkungan masyarakat.
Demikianlah antara lain
bidang-bidang yang tercakup di dalam administrasi pendidikan. Dapatlah
disingkatkan bahwa bidang-bidang tersebut di atas dapat dikelompokkan sebagai
berikut :
-
Bidang administrasi material, yaitu kegiatan administrasi yang menyangkut
bidang-bidang materi, seperti: ketatausahaan sekolah, administrasi keuangan,
alat-alat perlengkapan, dan lain-lain
-
Bidang administrasi personal, yang mencakup didalamnya administrasi
personel guru dan pegawai sekolah dan sebagainya
-
Bidang administrasi kurikulum yang mencakup di dalamnya pelaksanaan
kurikulum, pembinaan kurikulum, penyusunan silabus, persiapan harian dan
sebagainya.
Administrasi pendidikan seringkali
diistilahkan dengan administrasi sekolah seperti halnya dalam Kurikulum 1984
(dalam Buku Petunjuk Pengelolaan) disebutkan bahwa administrasi sekolah
(maksudnya administrasi pendidikan) mencakup pengaturan, proses
belajar-mengajar, kesiswaan, personalisa, peralatan pengajaran, gedung dan
perlengkapan, keuangan serta humas atau hubungan dengan masyarakat. Ini semua
merupakan cakupan atau skopa dari administrasi sekolah/administrasi pendidikan.
Dalam buku “Pedoman Umum
Menyelenggarakan Administrasi Sekolah Menengah (1984)”, disebutkan pula
mengenai ruang lingkup kegiatan administrasi sekolah adalah meliputi:
-
Administrasi program pengajaran
-
Administrasi murid/siswa
-
Administrasi kepegawaian
-
Administrasi keuangan
-
Administrasi perlengkapan
-
Administrasi surat menyurat
-
Administrasi perpustakaan
-
Administrasi pembinaan kesiswaan
-
Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat
Sebagaimana telah disebutkan
di atas bahwa skopa atau ruang lingkup administrasi pendidikan itu meliputi
segala hal yang pada dasarnya ditekankan pada pelaksanaan kegiatan/usaha
pendidikan supaya berjalan secara teratur dan tertib yang semua itu
diorientasikan pada tujuan pendidikan. Karena itu butir-butir yang menjadi
cakupan atau yang termasuk ke dalam skopa administrasi pendidikan sesungguhnya
amat luas dan banyak. Adapun rincian ruang lingkup yang penulis sinyalir
tersebut di atas, sebetulnya masih bisa dijelaskan lagi secara lebih rinci dan
lebih luas lagi.
Sementara itu, Dr. Hadari
Nawawi menyatakan, bahwa secara umum ruang lingkup administrasi berlaku
juga di dalam administrasi pendidikan.
Ruang lingkup tersebut meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:
a. Manajemen administrasi (administrasi
management)
Bidang kegiatan ini disebut
juga “management of administrative function” yakni kegiatan-kegiatan
yang bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi/kelompok kerjasama
mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
b. Manajemen operatif (operative
management)
Bidang kegiatan ini disebut
juga “management of operative function” yakni kegiatan-kegiatan yang
bertujuan mengarahkan dan membina agar dalam mengerjakan pekerjaan yang menjadi
beban tugas masing-masing setiap orang melaksanakan dengan tepat dan benar.
BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan tersebut
diatas maka dapat disimpulkan bahwa, Bidang-bidang yang tercakup dalam
administrasi pendidikan
a. Bidang tata usaha sekolah,
ini meliputi :
b. Bidang personalia murid,
yang meliputi antara lain :
c. Bidang personalia guru,
meliputi antara lain :
d. Bidang pengawasan
(supervisi), yang meliputi antara lain :
e. Bidang pelaksanaan dan
pembinaan kurikulum :
Dalam buku “Pedoman Umum
Menyelenggarakan Administrasi Sekolah Menengah (1984)”, disebutkan pula mengenai
ruang lingkup kegiatan administrasi sekolah adalah meliputi:
-
Administrasi program pengajaran
-
Administrasi murid/siswa
-
Administrasi kepegawaian
-
Administrasi keuangan
-
Administrasi perlengkapan
-
Administrasi surat menyurat
-
Administrasi perpustakaan
-
Administrasi pembinaan kesiswaan
-
Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H.M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta.
Rineka Cipta. 2001
Drs. Burhanuddin, Yusak. Administrasi
Pendidikan, Bandung. Pustaka Setia. 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar